Rabu, 29 April 2015

ILMUWAN PENDIRI TERMODINAMIKA

Rudolf Julius Emanuel Clausius (2 Januari 1822 – 24 Agustus 1888), adalah seorang fisikawan dan matematikawan Jerman. Ia merupakan salah seorang pendiri termodinamika. Sebagai ahli ilmu fisika teoritis, ia juga yang meneliti fisika molekul dan electrik. Salah satunya adalah teori tentang tekanan dan temperatur yang merupakan dua unsur keseimbangan. Rudolf Clausius dianggap salah satu pendiri utama dari ilmu termodinamika. Dengan penyajian kembalinya Sadi Carnot Prinsip's dikenal sebagai siklus Carnot, ia meletakkan teori panas pada lebih benar dan secara sehat. Makalahnya yang paling penting, Pada teori mekanik panas, yang diterbitkan pada tahun 1850, pertama menyatakan ide-ide dasar dari hukum kedua termodinamika. Pada tahun 1865 ia memperkenalkan konsep entropi .


Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = 'panas' and dynamic = 'perubahan') adalah fisika energi , panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika berhubungan dekat dengan mekanika statistik di mana banyak hubungan termodinamika berasal. Pada sistem di mana terjadi proses perubahan wujud atau pertukaran energi, termodinamika klasik tidak berhubungan dengan kinetika reaksi (kecepatan suatu proses reaksi berlangsung). Karena alasan ini, penggunaan istilah "termodinamika" biasanya merujuk pada termodinamika setimbang. Dengan hubungan ini, konsep utama dalam termodinamika adalah proses kuasistatik, yang diidealkan, proses "super pelan". Proses termodinamika bergantung-waktu dipelajari dalam termodinamika tak-setimbang.

Karena termodinamika tidak berhubungan dengan konsep waktu, telah diusulkan bahwa termodinamika setimbang seharusnya dinamakan termostatik. Hukum termodinamika kebenarannya sangat umum, dan hukum-hukum ini tidak bergantung kepada rincian dari interaksi atau sistem yang diteliti. Ini berarti mereka dapat diterapkan ke sistem di mana seseorang tidak tahu apa pun kecual perimbangan transfer energi dan wujud di antara mereka dan lingkungan. Contohnya termasuk perkiraan Einstein tentang emisi spontan dalam abad ke-20 dan riset sekarang ini tentang termodinamika benda hitam.

Clausius lahir di Köslin (sekarang Koszalin di Polandia) di Provinsi Pomerania di Prusia. Ia memulai pendidikan di sekolah ayahnya. Setelah beberapa tahun, ia pergi ke Gymnasium di Stettin (sekarang Szczecin ). Clausius lulus dari Universitas Berlin pada tahun 1844 di mana ia belajar matematika dan fisika dengan, antara lain, Gustav Magnus, Johann Dirichlet dan Steiner Jakob. Dia juga belajar sejarah dengan Leopold von Ranke. Selama 1847, ia mendapat gelar doktor dari University of Halle pada efek optik di atmosfer bumi. Dia kemudian menjadi profesor fisika di Royal artileri dan Sekolah Teknik di Berlin dan Privatdozent di Universitas Berlin. Pada 1855 ia menjadi profesor di ETH Zürich, Swiss Federal Institute of Technology di Zürich, di mana dia tinggal sampai 1867. Selama tahun itu, ia pindah ke Würzburg dan dua tahun kemudian, pada tahun 1869 ke Bonn.

Clausius PhD tesis mengenai pembiasan cahaya mengusulkan agar kita melihat langit biru di siang hari, dan berbagai nuansa merah saat matahari terbit dan terbenam (antara fenomena lain) karena refleksi dan pembiasan cahaya. Kemudian, Lord Rayleigh akan menunjukkan bahwa itu sebenarnya disebabkan oleh hamburan cahaya, tapi terlepas, Clausius menggunakan pendekatan matematika jauh lebih daripada beberapa telah digunakan. Makalahnya yang paling terkenal, "Über die
bewegende Kraft der Wärme" ("Di Angkatan Pindah dari Panas dan Hukum Panas yang dapat Deduced darinya") diterbitkan pada tahun 1850, dan ditangani dengan teori mekanik panas. Dalam tulisan ini, ia menunjukkan bahwa ada kontradiksi antara Carnot prinsip 's dan konsep konservasi energi.

Clausius menyajikan kembali dua hukum termodinamika untuk mengatasi kontradiksi ini ( hukum ketiga dikembangkan oleh Walther Nernst, selama tahun 1906-1912). Makalah ini membuatnya terkenal di kalangan ilmuwan. Pernyataan Clausius 'paling terkenal dari hukum kedua termodinamika diterbitkan dalam bahasa Jerman pada 1854, dan dalam bahasa Inggris tahun 1856. Selama 1857, Clausius berkontribusi pada bidang teori kinetik setelah pemurnian Agustus Krönig 's sangat sederhana gas-kinetik model untuk menyertakan translasi, gerakan molekul rotasi dan vibrasi. Dalam karya yang sama ia memperkenalkan konsep dari ' mean jalan bebas 'dari sebuah partikel. Clausius menyimpulkan hubungan Clausius-Clapeyron dari termodinamika. Ini hubungan, yang merupakan cara karakteristik fase transisi antara dua negara materi seperti padat dan cair, awalnya dikembangkan pada tahun 1834 oleh Émile Clapeyron.

Pada tahun 1870 Clausius menyelenggarakan korps ambulans dalam Perang Franco-Prusia. Dia terluka dalam pertempuran, meninggalkan dia dengan cacat abadi. Dia dianugerahi Iron Cross atas jasanya. Istrinya, Adelheid Rimpham, meninggal saat melahirkan pada tahun 1875, meninggalkan dia untuk membesarkan enam anak mereka. Dia terus mengajar, tetapi memiliki sedikit waktu untuk penelitian selanjutnya. Pada tahun 1886 ia menikah lagi Sophie Sack, dan kemudian memiliki anak lagi. Dua tahun kemudian, pada tanggal 24 Agustus 1888, ia meninggal di Bonn, Jerman. Rudolf meninggal 24 Agustus 1888.
                                       
                                                                 
DAFTAR PUSTAKA                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar